Rabu, 23 Mei 2018

Cara Menanam Nanas Yang Bagus

Image result for Cara Menanam Nanas Yang Bagus

nanas madu pemalang - Buah nanas atau Ananas comosus adalah semacam Buah Buahan tanaman semak. Buah nanas adalah buah yang berasal di Brasilia lalu menyebar sampai di daratan Amerika, lalu ke Malaysia dan Indonesia. Di negara kita sendiri semula buah nanas hanya berbentuk tanaman di pekarangan rumah ini. Dan masih tetap belum juga banyak dibudidayakan seperti saat ini. Sesungguhnya cara budidaya nanas sendiri termasuk mudah. Buah nanas yaitu semacam buah tropis yang daging didalam buahnya sendiri berwarna kuning. Buah nanas memiliki rasa manis sedikit keasaman.

Bentuk buah nanas termasuk sangat unik sebab daunnya runcing dan panjang. Buah nanas biasanya dikonsumsi jadi bahan utama dalam rujak. Walau demikian dapat ditambahkan sebagai pelengkap masakan yang menolong melunakkan struktur daging dan memberi rasa fresh kedalam masakan. Nanas memang bukan sekedar memiliki rasa yang enak saja namun dapat juga memperindah pekarangan rumah apabila ditanam di ruang pekarangan. Tanaman nanas sendiri dapat tumbuh di ruang dataran rendah sampai dataran tinggi. Buah nanas memerlukan media tanah subur dan gembur seperti tanah lebu yang berpasir dan tanah vulkanik.

Diluar itu persyaratan tanah untuk media tumbuh buah nanas juga memiliki banyak kandungan unsur organik. Untuk tumbuh, buah nanas memerlukan paparan cahaya matahari cukup sampai 9 jam sehari-harinya. Diluar itu, nanas memerlukan temperatur 23-32 derajat celcius dengan pH tanah sekitar 5, 7-7, system drainase baik dan curah hujam cukup.

Mengenai cara menanam nanas yang bagus dengan baik, salah satunya :

1. Tips Penentuan Bibit

Biasanya bibit buah nanas sendiri diperoleh dari hasil anakan nanas, atau dengan vegetatif ataupun generatif berdasar pada biji nanas. Untuk cara vegetatif sendiri, bibit nanas di ambil dari tunas buah, tunas batang, tunas akar, stek batang dan mahkota buah. Namun untuk tunas batang sendiri biasanya jarang digunakan sebab memerlukan waktu lama. Agar peroleh bibit berkwalitas, Kamu pun harus memilih segera dari induk tanaman yang sehat, tidak cacat, memiliki daun tidak tipis dan tidak terkena penyakit.

2. Langkah Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam nanas yang bagus disediakan yaitu tegalan yang digemburkan atau kebun, lalu tebar bokashi atau pupuk kandang dalam dosis sekitar 10 ton/ha. Untuk bedengan buat lebar 80 sampai 110 cm, dengan jarak bedengan sekitar 100 cm dan tinggi 30 cm.

3. Cara Menanam Buah Nanas

Cara menanam nanas selanjutnya yaitu step penanaman nanas. Nanas biasanya ditanam pada musim penghujan awal agar pertumbuhannya seragam dan cepat. Langkah awal yaitu buat lubang dalam bedengan memakai gancu atau cangkul pada ukuran sebesar 30 x 30 cm. Lalu input benih nanas yang telah diseleksi dengan tepat yaitu biji benih setiap lubangnya. Lalu timbun memakai tanah lalu injak agar bibit tertancap baik dan tidak mudah rubuh. Setelah itu siram sampai rata dan basah.

4. Langkah Perawatan Nanas

Untuk perawatan bibit nanas yang telah ditanam sendiri, Kamu dapat melakukan penyiangan dan pembersihan gulma sekurang-kurangnya sekali 2 minggu dilakukan agar perkembangan nanas tidak terganggu disebabkan rumput liar. Mengenai pembubukan sendiri dilakukan dengan menumpuk akar nanas setelah longsor terserang saat pengairan atau oleh air hujan. Agar perkembangan pada akar nanas tidak terganggu. Pemupukan sendiri dilakukan setelah tanaman berumur 2 bln., dan pemupukan susulan dapat dilakukan sekali dalam 3-4 bln. sampai tanaman berbuah.

5. Penyakit dan Hama Tanaman Pada Nanas

Budidaya nanas Baik Hasilkan Buah Nanas Berkwalitas selanjutnya yaitu untuk pemberantasan hama atau penyakit pada nanas. Biasanya hama pada tanaman nanas yang umum menyerang yaitu lalat buah, ulat buah, penggerek buah, sampai kumbang. Mengenai cara menanggulanginya yakni dengan penyemprotan memakai Micat, Buldog, Imidakloprit, spontan memakai dosis sesuai saran. Sesaat untuk pengendalian penyakit dapat disemprot memakai fungisida seperti Mankozeb, Kasumin dan Benlet.

6. Masa Panen Buah Nanas

Masa panen dari buah nanas biasanya dilakukan ketika tanaman berumur 12 bln.. Sesaat tanda-tanda nanas yang siap panen yakni mata buah yang lebih mendatar, mahkota buah yang terbuka, berupa bulat dan tangkai buah yang mengecil. Cara panen nanas sendiri di pilih nanas masak dan harum, lalu potong bagian tangkai buah memakai pisau atau sabit.

Itu dia beberapa langkah Cara budidaya Tanaman nanas yang bagus dengan tepat hasilkan buah nanas yang berkwalitas!

0 komentar:

Posting Komentar