Minggu, 20 Mei 2018

Cara Melindungi Website Anda dari Negative SEO

Cara-Melindungi-Website-Anda-dari-Kampanye-SEO-Negatif

jasa pembuatan website di jakarta utara - Di masa penentuan presiden RI 2014 kita tentu sering mendengar berita di beberapa media mengenai kampanye hitam (black campaign) dan kampanye negatif (negative campaign). Untuk yang belum juga tahu bedanya, kampanye hitam yaitu kampanye yang dilakukan untuk menjatuhkan pesaing melalui bebrapa gosip yg tidak berdasarkan atau fitnah. Sedang negative campaign yaitu kampanye menyerang lawan dengan memakai sebagian kenyataan yang berdasarkan dan merugikan lawan. Maksud ke-2 kampanye ini yaitu untuk menyerang dan merugikan pesaing semasing capres hingga kredibilitasnya jatuh. Tapi maaf, artikel ini tidak mengulas mengenai problem penentuan presiden.

Didunia SEO (search engine optimization) ada juga yang namanya kampanye negatif atau Negative SEO. Maksudnya yaitu untuk menjatuhkan posisi atau tempat website pesaing di mesin telusur Google. Sudah pasti Negatif SEO ini sangat merugikan website bisnis, karena dapat mengakibatkan kerusakan reputasi sebuah website di mata Google. Lalu bagaimana caranya mengatasinya? Disadur dari website situs (blog). kissmetrics. com, berikut ini yaitu penjelasan mengenai kampanye SEO Negatif (Negative SEO).

Daftar Isi
Apa Itu Negative SEO?
SEO Negatif yaitu rangkaian aksi yang dilakukan oleh pesaing untuk menyabotase posisi website Kamu di mesin pencari. Biasanya negative SEO memakai teknik SEO yang dilarang oleh ketentuan Google Webmaster, teknik yg tidak etis atau umum dimaksud dengan teknik black hat. Serangan negatif SEO ini dapat dalam beragam bentuk, seperti :

  • Meretas website Kamu (hacking) 
  • Membuat beberapa ratus sampai beberapa ribu link spam menuju website Anda 
  • Mengcopy bebrapa content Kamu, lalu mempublish content tersebut di beragam tempat hingga terjadi duplikat konten 
  • Membuat banyak link dari bebrapa website yg tidak berkwalitas dengan memakai anchor text seperti Viagra, P0ker, dan keyword yg tidak family safe. 
  • Membuat account sosial media palsu dan mengakibatkan kerusakan reputasi website Kamu melalui account tersebut 
  • Melepaskan links paling baik yang dipunyai oleh website Anda 

Apakah Negative SEO yaitu Ancaman yang Riil?
Ya sudah pasti ancaman ini riil. Negative SEO adalah sebuah tantangan yang perlu dihadapi beberapa yang memiliki website, dan telah ada beberapa website yang terserang efeknya. Website yang terserang efek negative SEO sering alami kesusahan untuk kembalikan reputasinya di mata Google. Karenanya negative SEO harus dihindari mulai sejak awal, seperti kata pepatah, lebih baik menghindar daripada menyembuhkan.

Kamu tentu sudah mengetahui website Fiverr. com, bila Kamu mengetikkan keyword “Negative SEO” maka kita juga akan temukan ada lebih dari 15 ribu orang yang tawarkan layanan Negative SEO. Saksikan gambar,

Di komunitas blackhat (blackhatworld. com) juga kita dapat temukan beberapa cerita beberapa blackhaters yang sudah sukses melakukan teknik SEO negatif dan menjatuhkan pesaing mereka. Saksikan gambar,

Untungnya Google sudah melaunching tools untuk menangani praktik Negative SEO, tool ini dapat digunakan oleh webmaster dengan gratis. Namun, kita harus waspada dalam memakai tool ini, pakai jadi pilihan paling akhir saja. Berikut ini video dari Matt Cutts tentang SEO negatif.

Biasanya diperlukan waktu 2 – 4 minggu untuk lihat kerja hasil tool ini. Saya percaya tak ada seseorang pun yang dapat bersabar selama sebulan lihat website mereka terserang penalti. Langkah paling baik yang perlu kita kerjakan yaitu menghindarnya, jangan pernah website Kamu alami efek jelek karena kampanye Negative SEO.

Cara Menghindar Serangan Negative SEO
1. Mengatur e-mail alert Webmaster Tools. Google dapat kirim alert ke e-mail Kamu :

  • Saat ada malware menyerang website Anda 
  • Saat website tidak dapat diindeks oleh Google 
  • Saat koneksi server website Kamu bermasalah 
  • Saat website Kamu memperoleh manual penalty dari pihak Google 

Bila saat ini website Kamu belum juga tersambungsi dengan account Google Webmaster Tools, maka baiknya kerjakan saat ini. Login ke account Google webmaster Kamu, lalu click “Webmaster Tools Preferences”.

2. Lacak Backlinks Yang Kamu Bangun

Ini yaitu langkah yang sangat penting Kamu kerjakan untuk menghindar beberapa spammer sukses ‘mengerjai’ website Kamu. Kebanyak dari praktik Negative SEO dilakukan lewat cara membuat links dari bebrapa website yang berkwalitas rendah atau links redirect.

Tools yang dapat dipakai untuk mencari baclinks menuju website kita yaitu Opensiteexplorer. org dan Ahrefs. com. Pakai tools itu dengan berkala untuk ketahui perubahan links menuju website Kamu. Tool beda yang dapat Kamu pikirkan yaitu MonitorBacklinks. com (berbayar).

Website Opensiteexplorer. org dan Ahrefs. com dapat dipakai dengan gratis, tapi pemakaiannya sangat terbatas. Bila Kamu ingin mencari backlinks website Kamu dan website pesaing, sangat dianjurkan untuk memakai versus berbayar.

3. Jagalah Backlinks Paling baik Anda

Cukup panyak praktik Negative SEO yang berupaya coba menghapus link yang telah kita bangun dengan sulit payah. Mereka mengerjakannya lewat cara menghubungi yang memiliki website dimana links Kamu berada. Dengan mengatasnamakan diri Kamu, mereka coba memohon si yang memiliki website itu menghapus link Kamu.

Untuk menghindar hal semacam ini, kita dianjurkan untuk memakai e-mail dengan domain sendiri saat membuat link dan menghubungi yang memiliki website beda. Ini dapat menghindar orang yang lain berpura-pura jadi Kamu saat menghubungi yang memiliki website tempat link Kamu berada.

4. Amankan Website Kamu dari Serangan Hacker dan Malware

Kita sepakat kalau keamanan website yaitu suatu hal yang sangat penting dan krusial. Apa pun basis website Kamu, pastikan kalau keamanan untuk website yang Kamu bangun telah cukup kuat. Apabila Kamu memakai basis WordPress, Kamu dapat membaca beberapa tips untuk mengamankan website/situs (blog) Kamu dari serangan Hacker, baca artikelnya Di SINI.

Kamu dapat juga meng-install plugin penambahan untuk tingkatkan keamanan website WordPress Kamu, yakni dengan meng-install plugin Google Authenticator. Plugin ini juga akan tingkatkan keamanan website WordPress dengan mengaplikasikan verifikasi pasword dua langkah. Setiap saat log in ke website WordPress, Kamu juga akan disuruh untuk memberikan kode yang diantar oleh Google Authenticator ke smartphone Kamu (ada untuk Android dan iOS).

Pakai password yang kuat untuk website Kamu, gabungan pada huruf, angka, dan lambang. Kamu dapat membaca tips mudah cara buat password di Artikel INI. Senantiasa backup file dan data base website Kamu dengan berkala untuk antisipasi bila setiap saat terjadi problem pada website Kamu. Bila website Kamu memperbolehkan user untuk mengupload file, pastikan hosting Kamu terinstal antivirus untuk menghindar masuknya malware.

5. Kerjakan Kiat SEO yang Etis

Beberapa orang yang berasumsi kalau semua kiat membuat baclinks untuk SEO adalah bentuk SPAM yang terkoordinir. Sudah pasti hal semacam ini tidak seutuhnya benar, meskipun memang beberapa aktor SEO melakukan SPAM. Jauhi aksi berikut ini :

  • Janganlah memberi link ke website yang terserang pinalty 
  • Janganlah mempublish artikel yang berkwalitas rendah, misalnya artikel dari guest blogger 
  • Janganlah memakai keyword yang sama terlalu banyak untuk links Anda 
  • Janganlah beli links dari situs (blog) networks, ini dapat beresiko untuk SEO Kamu untuk periode panjang 

6. Janganlah Mencari Musuh Di Internet

Seperti arti yang sering kita dengar “Seribu rekan masih tetap terlalu sedikit, sedang satu musuh telah terlalu banyak”, demikianlah semestinya kita membuat komune on-line yang sehat. Tak ada fungsinya membuat permusuhan, terlebih di internet. Janganlah membuat musuh didunia on-line karena Kamu tidak sempat tahu tengah bertemu dengan siapa.

0 komentar:

Posting Komentar