Senin, 22 Agustus 2016

Panduan Jalani Masa Percobaan Kerja

Dalam soal kerja, kita biasa mengetahui dan melakukan saat percobaan – ada yang 3 bulan dan ada pula yang 6 bulan, dan terkadang ada yang setahun (biasa berbentuk kontrak). Dalam periode ini, penilaian kerja dilakukan pada si calon karyawan tetap itu. Sedang si calon karyawan tetap merasaa deg-deg-an dalam saat itu. ‘Apakah saya akan lulus percobaan atau tidak ya? ’ Karena bila tidak lolos, dia harus mulai mencari kembali tempat kerja baru.

Saat ini pastinya bebrapa saat mendebarkan, terlebih bagi mereka yang masihlah baru pertama kalinya bekerja. Ketidakpastian hadiri di bebrapa saat itu dan membuat si calon karyawan itu H2C – Harap-harap Kuatir. Bagaimana sih cara paling ampuh agar lolos dari saat percobaan? Saya cobalah menuliskan sebagian yang saya perhatikan cukup penting di saat percobaan itu ya… semoga berguna dan bagi yang baca, janganlah sungkan untuk memberikan – siapa tahu membantu mereka yang baru bekerja.

1. Target Masa Percobaan dari Perusahaan
Yang paling penting untuk di cari tahu pertama kalinya masuk kerja yaitu apa yang diinginkan oleh atasan sepanjang masa percobaan itu. Tiap-tiap atasan telah mempunyai bayangan sendiri, seperti apakah karyawan yang baru direkrutnya ini semestinya. Karena itu, janganlah sungkan untuk menanyakannya di hari pertama kalian bekerja. Janganlah takut akan dimarahi bila ajukan pertanyaan itu kok. Terlebih buat mereka yang di terima dibagian Marketing/Sales, tujuan ini jadi sangat penting. Tolok ukur penilaian selama 3 bulan kelak. Namun ada pula atasan yang cuek loh dengan hal tujuan seperti ini dan tidak bisa mengungkap apa harapannya dari si karyawan baru itu. Nah bila telah demikian bagaimana dong?

2. Target Pribadi
Bila seumpamanya atasan atau perusahaan yang mempekerjaanmu tidak bisa memberi tujuan itu, tidak ada kelirunya anda sendiri membuat tujuan apa yang akan anda raih dalam saat percobaan itu. Sekurang-kurangnya anda sendiri punya sebuah standard tentang apa yang telah semestinya anda kenali diakhir saat percobaan itu. Mengambil keputusan tujuan pribadi ini sebaiknya khusus. Janganlah terlalu luas seperti : “saya akan memperoleh pengetahuan baru sesudah saat percobaan selesai” Pengetahuan baru apa? Harus dispesifikkan, karena itu dalam membuat tujuan pribadi ini perlu mengetahui sesaat Perusahaan dan bagian tempat kita di terima bekerja. Sebut saja seminggu pertama yaitu perjumpaan awal – kemudian anda telah bisa membuat tujuan pribadi itu. Jadi saat saat percobaan usai, anda bisa ajukan kesuksesanmu itu pada atasan.

3. Do your best
Senantiasa camkan dan kerjakan hal semacam ini. Moto ini sangat-sangat berguna – kerjakan yang terbaik – sepanjang masa percobaan. Karena memanglah di saat tersebut kita sedang dites, apakah kita ini dapat atau tidak. Berikanlah yang terbaik yang kita bisa berikanlah.

4. Janganlah mengatakan TIDAK
Janganlah sekali-sekali mengatakan TIDAK sebelumnya cobanya. Tak ada satu orangpun, terlebih atasan, yang menyenanginya. Sekurang-kurangnya anda dengarkan panduan yang didapatkan baik-baik dan kerjakan sebisamu. Bila memanglah telah coba dan akhirnya tidak cocok janganlah sungkan ke no. 5

5. Jangan sungkan
Sebagai anak baru di perusahaan, terlebih divisi tertentu, kecenderungan mempunyai pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal kan? Ya maklumlah… namanya juga baru. Jadi jangan sampai sungkan untuk ajukan pertanyaan dan memohon bantuan. Namun ingat, janganlah keterusan. Yang ada menjengkelkan nanti. sewa kantor murah di jakarta selatan

0 komentar:

Posting Komentar