Kamis, 19 Oktober 2017

Kiat Memilih Sepatu Keselamatan di Dapur Komersial

Image result for Kiat Memilih Sepatu Keselamatan di Dapur Komersial

sepatu safety murah - Di setiap tempat kerja pasti memiliki potensi kecelakaan kerja dengan tingkat resiko yang berlainan. Tingkat resiko kecelakaan kerja yang tinggi biasanya berhubungan dengan aktivitasnya. Suatu aktivitas yang terkait dengan pemakaian mesin, alat berat, gas, listrik dsb pasti memiliki kandungan resiko yang tinggi. 

Begitu halnya dapur dan terutama dapur komersial yang terdapat didalam hotel, restoran, katering dan kafe. Salah satu peralatan pengaman yang harus dipakai oleh staf dapur yaitu sepatu keselamatan (safety shoes). Bermacam sepatu keselamatan ada dalam beragam jenis tetapi yang diprioritaskan yaitu peranan dasarnya.

Penggunaan sepatu keselamatan di dapur mempunyai tujuan membuat perlindungan kaki dari beragam resiko kecelakaan, seperti kejatuhan benda berat atau benda tajam, tergelincir, kaki tersiram air panas atau minyak panas, terlindas roda troli dsb. Oleh karenanya perlu memilih sepatu keselamatan yang mensupport kerja di dapur. Banyak hal yang perlu di perhatikan ketika memilih sepatu ini yaitu seperti berikut :

Pelat baja (steel plate) 
Selembar pelat baja yang diselipkan diantara outsole dan insole sepatu ini bermanfaat membuat perlindungan kaki dari peluang memijak benda tajam hingga tidak tembus dan melukai kaki.

Topi kaki (toe cap) 
Bagian ini jadi prasyarat harus didalam sepatu keselamatan. Bagian ini tersembunyi di ujung sepatu yang berperan membuat perlindungan jari kaki dari peluang tertimpa benda berat dan benda tajam. “Standar internasional untuk toe cap di buat dari carbon steel, yaitu besi yang dikeraskan, dipanaskan lalu di beri karbon. Bahan ini lebih keras dari baja dan dapat menahan beban jatuh 20 kg atau menyerap energi kinetik 200 joule, ” terang Lily Yuliawati, Branch Manager PT Dunia Saftindo. Paling tidak sepatu keselamatan ini telah memperoleh sertifikasi ANSI (America National Standars Institute).

Tahan minyak dan kimia 
Terkecuali tahan air, sepatu keselamatan harus juga tahan minyak panas dan bahan kimia berbentuk asam ataupun basa hingga tidak melukai kaki.

Tanpa ada tali sepatu 
Pilih sepatu keselamatan tanpa ada memakai tali sepatu agar mudah digunakan dan dilepaskan. Terutama ketika sepatu tersiram air panas dapat dilepaskan dengan mudah dan design tanpa ada tali sepatu menghindar cairan masuk kedalam sepatu.

Pilih type low-cut 
Tersedian beberapa type pergelangan kaki sepatu, diantaranya low-cut, medium-cut dan high-cut. Untuk bekerja di dapur baiknya memilih type low-cut agar mudah digunakan, dilepaskan dan tidak membatasi gerak kaki.

Anti slip 
Lantai licin dan tuntutan kerja cepat dan cekatan di dapur jadi satu problem bila tidak memakai sepatu yang di desain antislip atau antilicin. Bagian basic sepatu ini terbagi dalam bagian bernama insole, midsole dan outsole. Bagian itu terbuat dari polyurethane yaitu semacam plastik berbentuk elastis bermanfaat jadi pengganti karet alami. Untuk sepatu keselamatan berkwalitas tinggi biasanya memakai type thermoplastic polyurethane yang tahan panas, minyak dan abrasi.

Anti statis 
Feature ini terdapat didalam sepatu keselamatan yang bermanfaat mengalirkan listrik statis dari badan manusia ke bumi hingga tidak menyebabkan percikan api. Biasanya sepatu dengan feature ini dipakai oleh pekerja di pom bensin. Feature ini terdapat dibagian insole berbentuk jahitan benang khusus. “Fitur ini tidaklah terlalu penting untuk disini walau diluar negeri telah jadi standard dipakai di dapur, ” terangnya.

Terkecuali aman, sepatu ini harus juga didesain nyaman dipakai. Beberapa pekerja yang memakainya seringkali harus bekerja berjam-jam bahkan juga lebih dari 12 jam hingga apabila sepatu ini di desain nyaman pasti mereka juga akan bekerja lebih produktif dan turunkan peluang menanggung derita problem kaki atau bahkan juga menyebar ke bagian lutut, pinggul dan pinggang.

Walau sepatu keselamatan ini didesain untuk keadaan berlebihan dan memiliki ketahanan lebih kuat dibanding type sepatu beda namun tetaplah diperlukan perawatan agar awet. Senantiasa basuh dengan air bersih setelah sepatu terserang kotoran seperti minyak, saus dan yang lain. Lalu dikeringkan dengan kain bersih, diangin-anginkan atau pakai hair dryer. Janganlah menjemur sepatu dibawah sinar matahari karena juga akan mengakibatkan kerusakan susunan kulit. Bahkan juga sepatu yang terserang cipratan semen apabila tidak dibersihkan juga akan mengakibatkan kulit sepatu retak.

Tetapi yang terutama yaitu senantiasa bersihkan dan mengeringkan sepatu selesai dipakai. Dapat memakai bahan penyerap kelembapan (silica gel) atau tisu dapur kedalam sepatu selama 30 menit. Setelah itu beberapa bahan itu di keluarkan dan taruh sepatu di ruangan yang sejuk. Pastikan bagian antilistrik statis tetaplah kering karena bila basah maka tidak berperan maksimal. Dengan ketahui cara memilih, memakai dan menjaga sepatu safety maka bekerja di dapur pun terasa nyaman dan tidak cemas dengan resiko kecelakaan yang setiap saat menimpa.

0 komentar:

Posting Komentar